PERTEMUAN KE-2
LAB. TI
BELAJAR POIN-POIN DALAM SEBUAH BACAAN
Desain sebuah bacaan sangat dibutuhkan yang fungsinya digunakan untuk mempermudah pembaca untuk memahami maksud dari setiap lembaran-lembaran bacaan tersebut. berikut beberapa kategori yang ditemukan dalam sebuah bacaan.
Pilih Menu Insert – bagian Header &
Footer – Pilih salah satu pilihan yang ada, sesuai dengan kebutuhan – Munculah Header
& Footer yang anda pilih.
LAB. TI
BELAJAR POIN-POIN DALAM SEBUAH BACAAN
Desain sebuah bacaan sangat dibutuhkan yang fungsinya digunakan untuk mempermudah pembaca untuk memahami maksud dari setiap lembaran-lembaran bacaan tersebut. berikut beberapa kategori yang ditemukan dalam sebuah bacaan.
1.
Cover Buku
Anda bisa menghias cover anda di Ms. Word
dengan banyak pilihan.
Caranya :
Pilih Menu Insert – Pages bagian Cover Page
(Pilih dan klik pilihan yang sesuai dengan pilihan anda) – Cover anda siap
diberi judul atau informasi terkait dengan isi buku anda.
2.
Header dan Footer
Header dan Footer digunakan untuk memberi
informasi terkait dengan lembaran-lembaran buku anda, misalnya saja halaman,
guna mempermudah mencari bab-bab yang ada di buku anda, yang pada awalnya
terlihat dalam daftar isi, kemudian halaman tersebut dicari lewat halaman yang
biasanya berada di pojok bawah kanan atau kiri.
Cara membuatnya :
3.
Watermark
Watermark merupakan backgroun transparan
yang terletak di belakang isi penjelasan buku.
Cara membuat :
Pilih Menu Page Layout – bagian Page
Background – Klik Watermak – Pilih salah satu sesuai yang anda inginkan – Atur kata
atau kalimat dalam watermark – Klik OK.
4.
Footnotes
Footnotes biasanya digunakan untuk kata
atau kalimat yang memiliki pengertian lain, yang biasanya penjelasan dari kata
atau kalimat tersebut diletakkan di bawah isi penjelasan, dengan kode nomor
sebelah kata atau kalimat tersebut. Contoh : Musculus[1]
Cara membuat :
Blok kata yang dipilih - Pilih Menu
References – bagian Footnotes – Klik Insert Footnotes – Otomatis akan muncul
angka seperti kuadrat di sebelah kata atau kalimat tersebut – Masukkan penjelasannya
di bawah isi buku tersebut.
5.
Kolom koran
Kolom koran biasanya sering dijumpai dalam
media massa seperti koran, majalah, juga novel.
Cara membuat :
Pilih Menu Page Layout – Bagian Page Setup –
Pilih Columns – Klik More Columns untuk mengatur kolom sesuai keinginan – Jika
selesai klik OK
6.
Tabel
Membuat Tabel bisa dibuat langsung dari Ms.
Word maupun dar Ms. Excel. Jika membuatnya dari Ms. Excel tinggal buat saja
lalu blok tabel tersebut untuk di Copy-Paste ke dalam isi bacaan dalam Ms.
Word. Sedangkan cara langsung di Ms. Word adalah dengan masuk Menu Insert
bagian Tables, atur Tabel sesuai yang dibutuhkan.
7.
Bullet dan Numbering
Digunakan untuk menyebutkan bagian-bagian
maksud yang lebih dari satu maksud.
Letaknya berada di Menu Home bagia pengaturan
Paragraph.
Komentar
Posting Komentar