Langsung ke konten utama

CARA MEMBUAT DESAIN SEBUAH BUKU DENGAN MS. WORD

PERTEMUAN KE-2
LAB. TI


BELAJAR POIN-POIN DALAM SEBUAH BACAAN
Desain sebuah bacaan sangat dibutuhkan yang fungsinya digunakan untuk mempermudah pembaca untuk memahami maksud dari setiap lembaran-lembaran bacaan tersebut. berikut beberapa kategori yang ditemukan dalam sebuah bacaan.
1.       Cover Buku
Anda bisa menghias cover anda di Ms. Word dengan banyak pilihan.
Caranya :
Pilih Menu Insert – Pages bagian Cover Page (Pilih dan klik pilihan yang sesuai dengan pilihan anda) – Cover anda siap diberi judul atau informasi terkait dengan isi buku anda.
2.       Header dan Footer
Header dan Footer digunakan untuk memberi informasi terkait dengan lembaran-lembaran buku anda, misalnya saja halaman, guna mempermudah mencari bab-bab yang ada di buku anda, yang pada awalnya terlihat dalam daftar isi, kemudian halaman tersebut dicari lewat halaman yang biasanya berada di pojok bawah kanan atau kiri.
Cara membuatnya :
Pilih Menu Insert – bagian Header & Footer – Pilih salah satu pilihan yang ada, sesuai dengan kebutuhan – Munculah Header & Footer yang anda pilih.
3.       Watermark
Watermark merupakan backgroun transparan yang terletak di belakang isi penjelasan buku.
Cara membuat :
Pilih Menu Page Layout – bagian Page Background – Klik Watermak – Pilih salah satu sesuai yang anda inginkan – Atur kata atau kalimat dalam watermark – Klik OK.
4.       Footnotes
Footnotes biasanya digunakan untuk kata atau kalimat yang memiliki pengertian lain, yang biasanya penjelasan dari kata atau kalimat tersebut diletakkan di bawah isi penjelasan, dengan kode nomor sebelah kata atau kalimat tersebut. Contoh : Musculus[1]
Cara membuat :
Blok kata yang dipilih - Pilih Menu References – bagian Footnotes – Klik Insert Footnotes – Otomatis akan muncul angka seperti kuadrat di sebelah kata atau kalimat tersebut – Masukkan penjelasannya di bawah isi buku tersebut.
5.       Kolom koran
Kolom koran biasanya sering dijumpai dalam media massa seperti koran, majalah, juga novel.
Cara membuat :
Pilih Menu Page Layout – Bagian Page Setup – Pilih Columns – Klik More Columns untuk mengatur kolom sesuai keinginan – Jika selesai klik OK
6.       Tabel
Membuat Tabel bisa dibuat langsung dari Ms. Word maupun dar Ms. Excel. Jika membuatnya dari Ms. Excel tinggal buat saja lalu blok tabel tersebut untuk di Copy-Paste ke dalam isi bacaan dalam Ms. Word. Sedangkan cara langsung di Ms. Word adalah dengan masuk Menu Insert bagian Tables, atur Tabel sesuai yang dibutuhkan.
7.       Bullet dan Numbering
Digunakan untuk menyebutkan bagian-bagian maksud yang lebih dari satu maksud.
Letaknya berada di Menu Home bagia pengaturan Paragraph.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEGARAKU YANG MERDEKA AKU NGGAK

Penat sama tugas individu kimia medisinal, malam ini ketambahan suasana kacau balau. Seharusnya nggak perlu ambil pusing dibawa ke hati. tapi, mereka yang mempermasalahkannya hingga akhirnya membuat pikiranku meledak terguncang seperti gempa. Haruskah kepura-puraanku ini terus menutupi wajah agar terlihat lebih rapi.

ELLIPS VITAMIN HAIR MASK WITH JOJOBA OIL REVIEW

Halo pemirsa yang tidak setia membaca blog tulisan saya, semoga Anda semua sehat dan baik-baik saja sebelum dan sesuah membaca review produk kali ini. Seneng banget akhirnya setelah sekian lama menjamur di dunia nyata, dan vaccum nulis sesuatu di blog yang kusam ini, hari ini bisa bagi/ share pengalaman pemakaian produk sehari-hari yang pasti tidak asing buat kamu ciwi ciwi canteq J Btw, saya bagi cerita sedikit tentang rambut. Mahkota wanita yang sedikit banyak bikin sebel dan jengkel kalo ada masalah.  Kebetulan rambut saya tebal, lebat, hitam dan buanyak sekali, meskipun tiap hari rontok, masih saja lebat. Riwayat rambut saya, sudah pernah smoothing , colouring , Rutin setahun sekali pasti ke salon. Ya, efeknya plus minus, rambut jadi rapi tipis tapi ketombe sering muncul, rontok ya jangan ditanya, hahah.